3 Miliar Streaming di Spotify, Adakah Artinya?

3 Miliar Streaming di Spotify, Adakah Artinya?


Melalui akun Instagram-nya, Ed Sheeran dan Spotify mengumumkan pencapaian angka 3.000.000.000 streaming untuk lagu Shape of You. Lagu tersebut sebelumnya telah masuk sebagai kategori 'Billions Club', diikuti juga oleh single-single Ed Sheeran lainnya.

Daftar putar (playlist) 'Billions Club' di Spotify yang saya ikut sejak tengah tahun lalu, berisikan artis-artis yang lagunya telah memiliki catatan 1 milyar streaming. Beberapa artis yang di awal waktu itu bergabung di 'klub' ini antara lain:

hingga

  • TOTO - Africa
  • Justin Bieber - Sorry
  • Dua Lipa - IDGAF
  • Ed Sheeran - Shape of You
  • XXXTENTACION - Moonlight

dan yang baru bergabung di BILLIONS CLUB dalam 2 minggu terakhir ini adalah antara lain Bastille - Pompeii, Drake - Passionfruit.

Sementara pada awal bulan Agustus 2021 lalu, Guns N Roses dengan single Sweet Child O' Mine juga dikabarkan telah mencapai 1 milyar streaming... setelah 34 tahun sejak awal dirilis! (tentunya banyak terimakasih untuk para rockers Gen-X, dan baby-boomers! ☺). Hingga saya putar single 'Anak Manisku' tersebut saat blog ini sedang ditulis, telah mencapai total 1.081.589.515 streaming

3 Miliar Streaming di Spotify, Adakah Artinya?

Dan kini yang baru diumumkan beberapa hari lalu adalah rekor global pertama yang dicatat Spotify adalah pencapaian angka 3 milyar streaming oleh artis Ed Sheeran dengan single lagu Shape of You. 

Berapa kira-kira yang diperoleh Ed Sheeran per bulan, ataupun per tahunnya dari platform ini? Dengan melihat kalkulator royalti untuk platform Spotify, Ed Sheeran yang kini memiliki 89,7 juta pengikut di Spotify, dan rata-rata 82,7 juta pendengar bulanan, berikut tingkat popularitasnya sebesar 96% di Spotify, maka estimasi pendapatan dari platform streaming Spotify yang diperoleh kurang lebih berkisar:

monthly $262,99K+

yearly $3,16M+

atau

3,7 milyar per bulan

44,9 milyar per tahun

Bagaimana menurut kalian, apakah angka receh streaming yang biasa saja atau luar biasa? Jika mengutip situs Pollstar, pendapatan Ed Sheeran dari tur Divide sepanjang dua tahun lebih di 2017-2019, telah membukukan penjualan sebanyak 8,9 juta tiket dengan 255 kali manggung, dengan total pendapatan yang diraih sekitar 11 triliun. Rekor yang sebelumnya pernah diraih oleh grup band U2.

Konser Ed Sheeran di Gelora Bung Karno Jakarta, pada 3 Mei 2019, dicatat oleh situs Pollstar sebagai konser terbesar di sepanjang sejarah konser-konser yang pernah diselenggarakan di Indonesia. 

Kini masih di masa pandemi korona, Ed Sheeran sudah menyiapkan beberapa puluh penampilan tur (Eropa), dimulai pada 23 April 2022 di Dublin, hingga 25 September 2022 di Frankfurt. Mungkin saja bakal menyusul tur ke Amerika Latin hingga Amerika Utara, dan bahkan bila memungkinkan akan masuk Asia hingga Australia. 

Kembali ke judul artikel di atas, tanpa melihat besar kecil pendapatan yang diperoleh, jadi seberapa pentingkah platform streaming ini? Hanya sekedar penghias atau semacam etalase? Atau sudah jadi syarat pokok (baca: pendapatan utama) bagi seorang artis/musisi?




Komentar

Artikel Populer