Indonesia Music Industry Forum (IMIF) 2020

Indonesia Music Industry Forum (IMIF)

Indonesia Music Industry Forum (IMIF) 2020, memang saya tidak salah ketik untuk judul diatas. Karena memang awalnya ide ini terlintas di kisaran tahun 2020 lalu. Jadi pada pertengahan bulan September 2020 lalu saya memiliki gagasan yaitu membuat semacam event virtual dengan fokus tema seputar industri musik Indonesia. Yang ingin dicapai adalah tidak muluk-muluk, membangun satu ekosistem musik yang berkelanjutan yang bisa memberikan manfaat bagi semuanya. Dengan mengajak serta mengundang seluruh stakeholder dan berbagai narasumber: musisi, manajer, label (major, indie, boutique), publisher, Kementerian, promotor musik, DSP, LMKN/LMK, asosiasi, agen musik, distributor, startup, dan para pelaku/pegiat musik lainnya, bisa digelar selama 2-3 hari atau lebih.

Sementara pada hari ini, Rabu Kliwon 19 Mei 2021, saya melihat sebuah announcement dari negara tetangga 'kecil' yang pada awal Juni 2021 nanti siap menggelar event musik tahunan secara virtual yang berlangsung selama lima hari, dan memiliki tagline acara 'educate, collaborate, network, grow'. Dengan beberapa agenda yang solid untuk sebuah konferensi musik: 

  • Conference
  • Networking
  • Mentor Sessions
  • Panel Discussion
  • Keynote Presentation
  • Success Story Presentation
  • ​Music Showcases
Dan tema yang dibahas per hari-nya di event virtual tersebut sangat menarik, dan menurut saya cukup update dengan kondisi perkembangan musik saat ini: 
  • 1 Juni 2021: Artists and Artists Management
  • 2 Juni 2021: Music Production and Distribution
  • 3 Juni 2021: Song Writing and Music Copyright
  • 4 Juni 2021: Live, Touring & Music Marketing
  • 5 Juni 2021: Music in Tourism & Technology

Sebenarnya saya pribadi langsung merasa 'panas' dan tertantang 😤. Apakah tidak ada diantara kita yang mau berpikir dan berbuat sesuatu secara bersama-sama demi kemajuan industri musik ini? Dengan harapan gagasan event ini mungkin sekiranya bisa diwujudkan di akhir tahun 2021 atau paling telat di awal 2022, sebuah ajang virtual yang melibatkan seluruh pelaku dan pegiat musik (industri) yang ada di Indonesia. Kadang selama ini saya berpikir "ohhh... mungkin saja gagasan (mimpi) untuk mengajak teman-teman bergabung di Indonesia Music Industry Forum (IMIF) ini terlalu idealis."

Latar belakang membuat event ini sangat sederhana, akibat pandemi Covid-19 saatnya untuk menata ulang ataupun menyiapkan ruang-ruang yang baru bagi seluruh pemangku dan pegiat musik. Dan berharap kegiatan forum musik nasional ini akan berlangsung secara tahunan. Syukur setelah situasi sudah kondusif dari pandemi, kegiatan ini bisa berlangsung secara offline ataupun hybrid.

Indonesia Music Industry Forum (IMIF)

Mungkin saja ide event dengan tema Indonesia Music Industry Forum (IMIF) ini terlalu "wah", ataupun mungkin dianggap berlebihan. Saya bukanlah orang ataupun sosok yang sukses di industri musik. Namun sebenarnya yang saya pikirkan adalah bagaimana kita bisa bersatu dan saling mendukung untuk kemajuan bersama. Bangkit dari keterpurukan, mencari dan mengembangkan peluang-peluang di dalam ekosistem musik yang baru.


Twitter: @imifonline

Instagram: @imifonline

FB Page: Indonesia Music Industry Forum


Foto: Wonderful Image by The Ministry of Tourism and Creative Economy

Komentar

Postingan Populer