HudaKarsa: Solois dari Lampung Dengan Single Semakin Tinggi

HudaKarsa: Solois dari Lampung Dengan Single Semakin Tinggi

Bermusik merupakan salah satu media untuk bersilaturahmi dengan sesama manusia, bercerita tukar pengalaman dan juga suatu obat penenang diri.

HudaKarsa merupakan solois dari Lampung bagian timur yang berproses kreatif di kota Metro. Huda sendiri adalah nama panggilan dari nama lengkap Miftahul Huda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia KARSA memiliki arti, pertama: daya (kekuatan) jiwa yang mendorong makhluk hidup untuk berkehendak. Kedua: kehendak, niat. Sedangkan dalam bahasa Jawa saya suka menyebutnya dengan Sumenggo Kerso yang artinya “terserah” yang lebih menjurus kepada “kepasrahan” bukan kekalahan. 

Hal tersebutlah yang menjadi prinsip HudaKarsa. Berharap semua niat, usaha dalam diri untuk menciptakan obat penenang diri dalam hal berkarya. Terlepas dari hal niat dan usaha yang sudah dilakukan, semuanya akan dipasrahkan kepada sang penentu alam semesta “apapun yang terjadi”. 

HudaKarsa tidak terlalu fokus terhadap genre musik apa yang akan dimainkan. Namun, HudaKarsa lebih fokus terhadap penyampaian cerita. Berharap hal itu akan menjadi obat penenang bagi diri maupun bagi orang lain.

Semakin Tinggi single kedua dari HudaKarsa telah rilis di digital platform pada tanggal 4 April 2021. Suguhan kali ini berbeda dengan single sebelumnya yang berjudul Rangkai. Kali ini Semakin Tinggi bercerita mengenai reaksi terhadap sesuatu atau kejadian dengan kemarahan, nada yang semakin meninggi, tidak ada kebenaran selain diri sendiri. Merendah dan mereda adalah hal yang sangat beresiko untuk dilakukan.

HudaKarsa berharap agar dirinya terutama bisa mengendalikan emosi amarahnya, bicara yang baik saja, sebagai manusia.

Proses kreatif Semakin Tinggi dilakukan oleh beberapa bantuan dari teman-teman dekat. Mengenai penulisan lagu Semakin Tinggi ketika itu HudaKarsa sedang berkumpul obrolan santai sambil memainkan gitar di rumah Mas Davit Yunidar (salah satu penulis lagu juga yang ada di kota Metro), seketika itu Mas Davit Yunidar menemukan nada dan bait liriknya:

Tinggi, semakin tinggi nadamu bicaramu aku tak suka

Keras semakin keras suaramu bicaramu aku tak suka

Merendahlah jangan tinggi-tinggi


Setelah itu Mas Davit berkata kepada HudaKarsa, “Nih, lanjutin lagu ini, gambaran lagu ini seperti orang yang suka marah-marah kepada orang lain”. Tanpa berpikir panjang HudaKarsa bilang "sikattt gass", akan HudaKarsa selesaikan lagu tersebut karena kebetulan ada pengalaman mengenai hal tersebut”. HudaKarsa melanjutkan lirik:

Meredalah jangan tinggi-tinggi

Nadamu bicaramu aku tak suka

Kita bicara baik-baik saja

Kita bicara duduk berdua

Kita bicara baik-baik saja

Kita bicara sebagai manusia


Langsung pantau single Semakin Tinggi yang ciamik di platform musik ini:







Semakin Tinggi:
  • composer: HudaKarsa
  • recording: HudaKarsa @ Monggo Kerso Records
  • mixing & mastering: Samma Production

Komentar

Artikel Populer