New Mindset: Akhirnya Musik Adalah Sekedar Hobi

New Mindset: Musik Adalah Sekedar Hobi


Kondisi pandemi akibat korona masih jauh dari selesai. Kini kita sudah menginjak sepertiga perjalanan di bulan November 2020. Dampak negatif dan efek yang tidak terduga sudah dirasakan sejak masa tiga bulan pertama setelah Maret 2020 lalu. Apalagi kini sudah memasuki atau hampir melewati sembilan bulan sejak kasus pertama yang terjadi di Indonesia. 

Beberapa rekan yang saya kenal baik, yang selama ini memang telah mengabdikan dirinya sebagai pekerja dan pegiat musik selama belasan atau puluhan tahun, mulai dari manajer band, sound-engineer, pemilik studio rekaman, pencipta lagu, kru & teknisi band, vendor soundsystem, agensi artis, hingga pekerjaan-pekerjaan yang secara tidak langsung/langsung terkait dengan bisnis musik, sebagian masih berjuang keras untuk tetap bisa melanjutkan hidup dan menafkahi keluarga. Kalau perlu apapun yang bisa dijual untuk 'sekedar makan'...

Tulisan saya di blog pada bulan Juni 2020 lalu tentang ajakan untuk 'beralih' profesi untuk sementara waktu, menurut saya memang perlu dijadikan pertimbangan dan renungan. Dengan kondisi yang masih tidak jelas seperti saat ini, termasuk pengadaan vaksin, pelanggaran protokol kesehatan dll., belum lagi nanti kita bicara soal penuruan daya beli, pemulihan ekonomi nasional, keluar dari masa resesi dan sebagainya. Jangan berharap penuh kita bisa menggelar konser dan manggung ditonton ratusan atau ribuan orang di awal atau pertengahan tahun 2021 nanti! 

Bagi kebanyakan orang bisa jadi "musik" sudah menjadi bagian hidup dan passion bagi kita, tapi tidak ada salahnya kita juga memiliki usaha-usaha sampingan lainnya yang bisa memberikan hasil serta manfaat. Bisnis kecil-kecilan apapun bentuknya yang penting halal, kita mulai rintis dari sekarang. Saya pun demikian, masih menghadapi uncertaintysurvival (yang penting selalu bisa sujud dan tetap sehat), Alhamdulillah... Ide apapun yang selayaknya mampu untuk dieksekusi akan saya jalankan dan ikhtiarkan.

Sedikit analisa secara dangkal dari saya, beberapa pihak yang berkecimpung di bisnis musik dan saat ini masih bisa diuntungkan dan mungkin tetap 'selamat' adalah:

  • pemilik label rekaman (dengan banyak katalog) 

  • penerbitan musik (music publishing) 

  • pencipta lagu 

  • promotor konser daring 

  • distributor digital/aggregator 

  • pegiat konten musik 

  • vendor produksi konser virtual 

  • editor video 

  • sound-engineer 

  • music-marketing agency 


New Mindset: Akhirnya Musik Adalah Sekedar Hobi

 

Mungkin saja ada ide-ide bisnis atau usaha lainnya dari teman-teman bisa juga share disini siapa tahu kita bisa bekerjasama. Semoga kita semuanya bisa melalui masa-masa sulit ini dan mampu terus bertahan. Bagi saya, dengan memiliki banyak usaha akan semakin bagus. Masa-masa sulit seperti ini menuntut kita untuk berpikir serta berusaha secara multi dan global, serta berpikir kolaboratif. Sinergi dan saling bekerjasama memang dibutuhkan di saat pandemi ataupun usai pandemi nanti.

Tanpa mengenal usia, jangan lupa kita juga perlu untuk terus mengasah kemampuan pribadi atau soft-skills, minimal tanpa harus mengeluarkan biaya. Banyak ilmu atau pelajaran umum yang bisa digali, mulai dari pemasaran digital, media sosial, design, perdagangan secara daring, blogging, dll. 

Untuk terus update industri musik global, sejak awal pandemi lalu, saya coba ikuti puluhan music seminar & networking yang digelar secara daring. Saya memonitor dan mengikuti beberapa event yang diselenggarakan di Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Korea Selatan hingga Australia. Selama acaranya gratis, saya ikutin rangkaian acaranya, he he he... 

Terkait dengan event musik, bagaimana kita menghadapi tahun 2021 atau post pandemi? Mari kita terus berpikir positif dan sama-sama memulai semuanya dari "nol"... dan pada akhirnya, kita semua bakal sependapat bahwa musik adalah sekedar hobi

Stay safe and keep healthy...


Foto: Pixpoetry, Forest Simon

Komentar

Postingan Populer