Buku Baru Mengenai Manajemen Artis dan Pemasaran Musik




Pada hari Jumat 26 Maret 2020 lalu, Amy Hester Thomson, merilis buku e-book secara gratis mengenai manajemen artis dan pemasaran musik, dengan judul "Artist Management & Marketing: A Beginners' Guide". Amy Thomson adalah manajer grup elektronik kondang Swedish House Mafia selama hampir 15 tahun, dan telah 'berpisah' dengan Swedish House Mafia pada bulan Agustus 2018.

Di tanggal yang sama Jumat lalu, Amy Thomson juga mengumumkan telah menutup perusahaan manajemen artis yang telah didirikannya 17 tahun lalu yaitu ATM Artists. Dan selanjutnya Amy fokus mendirikan perusahaan baru yang masih berkutat dengan musik, yaitu menyiapkan satu platform untuk mengumpulkan katalog-katalog lagu lama yang telah 'menghilang' dan lagu-lagu yang 'kurang disukai', dan akan menyiapkan semua konten tersebut tersedia di seluruh layanan music streaming global.

Mengenai e-book "Artist Management & Marketing: A Beginners' Guide" tersebut, Amy menyiapkannya hanya dalam waktu 5 hari, selama masa isolasi karena virus Corona. Buku dengan cakupan sekitar 300 halaman ini dirilis dalam format PDF, untuk tautan aslinya bisa diunduh disini. Kalau sudah tidak aktif saya telah mencadangkannya melalui tautan di Drive.

Sejauh pengamatan saya, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir jarang ada buku yang membahas soal beginian. Lumayan lengkap dan detail dari A hingga Z, semuanya saling terkait. Termasuk di halaman-halaman terakhir buku ini, Amy memberikan beberapa rekomendasi buku dan film-film untuk referensi lebih lanjut.

Buat kalian yang awam dan tertarik untuk menjadi manajer artis, buku ini bisa dijadikan pegangan untuk memulai melangkah. Buat musisi baru atau kawakan, penyanyi solo ataupun band, kalian juga perlu mengetahui dan paham soal seluk beluk urusan seputar 'manajemen', tanpa harus berkeinginan untuk merangkap 'jabatan' menjadi artis sekaligus juga sebagai manajer. Urusan 'manajemen' tidak hanya soal uang, iya kan?

Apapun gaya dan selera musiknya, semoga kita bisa sama-sama belajar mengenai konsep-konsep terkini tentang manajemen artis dan pemasaran musik dari Amy Thomson. Dan tanpa harus berbicara soal passion, menurut saya profesi manajer artis ke depan tetap memberikan peluang dan bisa kalian andalkan!

Music is life...

 

Foto: edmtunes.com

Sumber: MBW

Komentar

Postingan Populer