Video Vertikal

[caption id="attachment_3035" align="aligncenter" width="800"]02-20180619-KS-pamelachen-IMG_0157-2160_lo Kevin Systrom, CEO & Co-Founder Instagram[/caption]

Dalam satu event yang digelar di San Fransisco pada hari Rabu tanggal 20 Juni 2018 kemarin, CEO & Co-Founder Instagram, Kevin Systrom, memberikan keterangan resmi terkait dengan dua hal yaitu: mengumumkan jumlah pengguna Instagram di seluruh dunia yang sudah mencapai angka 1 miliar, dan yang kedua adalah rilis aplikasi baru 'IGTV' platform konten video vertikal dengan durasi 1 jam.

Tentu saja bisa ditebak dengan dirilisnya IGTV ini berarti menandakan Instagram yang dimiliki Facebook siap 'perang besar' dengan YouTube yang dikuasai oleh Google. Tidak salah bagi Mark Zuckerberg/Facebook saat mengakuisisi Instagram pada April 2012 dengan 'murah' senilai USD 1 miliar atau hampir 13 trilyun (sementara WhatsApp diakuisisi lebih dari USD 19 miliar).

Berbicara soal konsep video vertikal di era kekinian saat ini, pastinya menjadikan daya tarik besar bagi generasi sekarang. Yang jelas kita sebagai pengguna tidak perlu repot-repot memutar layar smartphone, seperti halnya video dengan tampilan horizontal (YouTube).

[caption id="attachment_3039" align="aligncenter" width="800"]instagram-800m-2017-09 Instagram mencapai 800 juta pengguna di bulan September 2017[/caption]

Derasnya dan cepatnya arus informasi hingga konten sekarang ini, bagi generasi kekinian (Gen Y, Gen Z, hingga Gen C/YouTube Generation) yang merupakan konsumen 'mobile' setiap saat, format vertikal ini bakal menjadi satu kemudahan. Bagi para kreator konten video, konsep video vertikal dengan durasi panjang ini akan menjadikan peluang baru. Hal yang sama juga merupakan tantangan bagi digital agency/influencer marketing agency hingga digital marketers untuk terus berkreasi dan berkarya.

Untuk beberapa waktu kedepan... kita bakal terbiasa dengan video 'tegak lurus' alias full-screen di layar smartphone dan mungkin mulai mengurangi konsumsi konten video horisontal.

 

Foto & Grafis: Instagram Info Center

Komentar

  1. […] Juni 2018 lalu Instagram merilis aplikasi baru ‘IGTV’ platform konten video vertikal dengan durasi 1 jam. […]

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer