WhatsApp Gratis untuk Selamanya

Screenshot_2016-01-19-10-30-21_com.whatsapp

Sedikit menyambung twit tadi malam mengenai layanan WhatsApp yang secara resmi diumumkan tidak berbayar lagi alias gratis untuk selamanya. Melalui blog resmi WhatsApp "Making WhatsApp free and more useful", menurut mereka bahwa layanan berbayar tahunan yang selama ini dikenakan kepada pengguna tidak berjalan baik, dengan mempertimbangkan masih terbatasnya para pengguna kartu debit maupun kartu kredit sebagai alat pembayaran.

Sebelumnya, saat mendaftar layanan WhatsApp untuk pertama kali dengan mem-verfikasi nomor handphone adalah gratis untuk tahun pertama. Selanjutnya berbayar untuk tahun berikutnya. Gambar di atas adalah hasil capture dari WhatsApp di Android. Untuk di iOS seingat saya tidak ada pilihan berbayar hingga 3 sampai 5 tahun ke depan, hanya pilihan 1 tahun saja.

Dengan jumlah pengguna hampir mendekati 1 milyar,  (900 juta: data bulan September 2015), janji untuk tidak ada iklan, dan strategi menghadapi kompetisi dari layanan sejenis (Telegram, WeChat, Kik, LINE, Kakao Talk, BBM, hike, dll.), dengan pilihan 'gratis' ini tentu menjadi senjata utama untuk semakin banyak meraih pengguna global dan 'menyingkirkan' pesaing lainnya.

Dalam rilis blog WhatsApp dikabarkan tahun ini akan ada uji coba tools yang bisa dipergunakan untuk layanan bisnis ataupun kepentingan organisasi. Misal kita bisa berkomunikasi langsung dengan pihak bank atas transfer yang mencurigakan, atau kita bisa berkomunikasi dengan pihak maskapai sehubungan dengan jadwal pesawat yang mengalami keterlamabatan.

Yang dari dulu saya tunggu dari layanan WhatsApp ini adalah menu klaim @username, seperti yang dimiliki Telegram, Kik, WeChat, serta aplikasi chat yang baru & keren Peach... apabila fitur ini diaktifkan maka WhatsApp lebih bergengsi menurut saya 😋.

Komentar

Postingan Populer